Tips Merancang Rumah Dengan Baik

Merancang  Rumah Impian

denah1Didalam membuat suatu rancangan Denah Rumah ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Karena kalau merancang denah jangan sampai nantinya tidak sesuai dengan impian kita, baik dari segi desainnya maupun dari segi pembiayaan.

Oleh karena itu buatlah rancangan denah rumah yang sudah meliputi segala aspek yang ada kaitannya dengan kegiatan para penghuni rumah. Rencanakan ruangan-ruangan yang akan dibuat sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Perhatikan aliran sirkulasi udara segar dan cahaya dari luar supaya bisa masuk kedalam rumah dengan baik. Dibutuhkan toleransi dari anda didalam merancang, karena ada kalanya salah satu keinginan kita tidak dapat terpenuhi didalam desain tersebut dikarenakan adanya keterbatasan ruang.

Setelah semua disusun, maka anda bisa menghubungi Arsitek pilhan anda untuk memulai membicarakan pembuat gambar perencanaan rumah. Biasanya tahap ini akan melalui beberapa kali proses pertemuan antara anda dengan Arsitekanda sampai Rencana Denah Rumah disetujui.

Anda dan arsitek anda dapat melangkah ke tahap berikutnya yaitu membuat gambar arsitektur berupa gambar tampak dan potongan. Hanya dengan gambar denah saja belum dapat terlihat tampak model rumah sesuai idaman anda. Gambar denah hanyalah menyajikan kebutuhan dan komposisi pembagian ruang yang dibutuhkan. Sedangkan gambar arsitektur nantinya akan mencoba mengakomodasi denah sekaligus bentuk dan model rumah yang diinginkan.

Bila desain arsitektur telah disepakati, arsitek bersama anda dapat maju ketahap berikutnya yaitu membuat gambar kerja untuk dilapangan. Gambar kerja adalah rangkaian gambar detail dari rumah idaman yang dapat dipakai oleh kontraktor atau mandor untuk melaksanakan pembangunan fisik. Dalam gambar kerja akan ditampilkan berbagai hal yang sangat spesifik: mulai dari struktur sampai dengan instalasi air, listrik bahkan pola pemasangan lantai pun dibuat gambar rencana pemasangannya.

Tahap selanjutnya berdasarkan gambar kerja ini dapat direncanakan jenis dan spesifikasi bahan material yang akan digunakan dalam pembangunan, yang selanjutnya akan digunakan sebagai patokan utama dalam membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB), sehingga anda bisa mengetahui biaya yang akan dikeluarkan untuk pembangunan.

Selama dalam proses pembicaraan pembuatan desain antara arsitek dengan anda dilakukan secara terbuka dan mendalam, disertai kemampuan mendapatkan sumber/supplier bahan bangunan yang tepat akan menghasilkan Rencana Anggaran Biaya yang wajar.

Salam

Asa Sasmita

2 responses to “Tips Merancang Rumah Dengan Baik

  1. sedikit pertanyaan, mana yang lebih baik?
    membeli tanah untuk dibangun dari nol, ataukan membeli tanah + bangunan kemudian merenovasinya?
    bagaimana pula dengan biayanya?
    terimakasih..

  2. Untuk mendapatkan keleluasaan didalam menuangkan ide dalam desain rumahnya..
    maka jauh lebih menguntungkan kalo membeli Tanah kemudian dibangun sesuai selera/keinginan pemilik rumah..
    Kalau beli rumah jadi harus punya toleransi dari desain rumah tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s