Tips Pemasangan Instalasi Air Bersih dan Kotor

pipaPerencanaan jaringan dan pemasangan Instalasi Air Bersih dan Kotor merupakan salah satu bagian utama yang membutuhkan perhatian. Karena salah satu hal yang sangat dikhawatirkan pada saat rumah sudah ditempati terjadi gangguan air (misal: bocor, mampet). Kalau sudah terjadi kebocoran pada pipa, apalagi posisi yang bocor ada didalam tanah atau didalam dinding, maka untuk mencari pipa yang bocor tersebut akan menemui banyak kesulitan dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu perencanaan jaringan pipa harus mudah dideteksi apabila terjadi kebocoran. Umumnya kebocoran itu terjadi pada sambungan pipa, karena pada saat pemasangan sambungannya kurang baik.

Pembagian jaringan pipa juga harus diperhatikan, agar pembagian airnya merata. Jangan sampai pada saat kita sedang cuci tangan di km/wc, tiba-tiba airnya mengecil karena ada yang cuci piring.

Gunakan pipa PVC yang kwalitasnya baik, paling tidak untuk pipa air bersih menggunakan type AW, sedangkan untuk pipa air kotor menggunakan type D.

Dalam pemasangan instalasi pipa air kotor perhatikan level ketinggian permukaan pembuangan akhir air kotor dengan tinggi permukaan lubang saluran pembuangan air kotor didalam rumah. Saluran pembuangan air kotor didalam rumah harus lebih tinggi minimal 40 cm.

Apabila didalam perencanaan km/wc menggunakan air panas, maka sebaiknya gunakan pipa tembaga. Perhatikan betul didalam pelaksanaan pemasangan pipa. Jangan sampai banyak terjadi sambungan. Semakin banyak sambungan,kemungkinan bocor semakin besar. Apalagi kalau pemasangan Instalasi air diborongkan kepada instalatur berikut bahan materialnya (pipa), biasanya mereka untuk menghemat penggunaan material pipa, pipa yang sudah terpotong pendek masih digunakan.

About these ads

13 responses to “Tips Pemasangan Instalasi Air Bersih dan Kotor

  1. nah ada pertanyaan lagi nih tentang saluran air kotor…. (banyak banget ya nanya nya…)
    pembuangan semua air kotor dari dalam rumah langsung ke saluran di belakang rumah (branhang), permasalahannya adalah dulu posisi rumah rendah, jadi saluran pun rendah, bangunan pernah ditinggikan 2 kali, tapi saluran air tetap, jadi sekarang kalau hujan deras air di saluran belakang penuh dan air kotor berbalik masuk ke rumah.. hiiiii…
    apakah dengan menambah panjang pipa PVC pada saluran pembuangan ke saluran belakang rumah bisa mencegah air kotor berbalik ke dalam rumah?
    Thx 1x lagi…

  2. Thanks ya atas responsnya..
    Sebelum dijawab nih, saya musti tahu (kurang lebih aja) perbedaan tinggi lubang saluran pembuangan didalam rumah dengan tempat pembuangan akhir (Branhang) berapa perbedaannya.? Kalo selisih tinginya tidak banyak seandainya pipa itu mau diperpanjang tidak ada gunanya. Tinggi permukaan air itu seperti hukum Archimedes, masih inget kan pelajaran di SMA (kalo nggak salah), permukaan air selalu akan sama tinggi.
    Sebagai contoh :
    Lubang saluran didalam rumah dengan tempat pembuangan (saluran Umum/branhang)) selisihnya 40 cm. Kalo terjadi hujan deras kemudian ditempat pembuangan akhir itu air menggenang sampai dengan ketinggian 45 cm, maka air tetap masuk kedalam rumah.
    Kesimpulannya air tidak akan masuk kedalam rumah apabila lubang saluran pembuangan air kotor didalam rumah lebih tinggi dari permukaan air tertinggi pada saat hujan deras (banjir).

  3. saya mau bangun rumah dengan biaya murah tapi kokoh tidak rembes bocor banjir saluran ga mampet,trima kasih

  4. Membangun rumah dengan hemat bukan semata2 hanya dengan menghemat pemakaian bahan material,
    tetapi ada beberapa penyebab terjadinya pembengkakan biaya.
    Pembengkakan biaya ini umumnya terjadi apabila pembangunan rumah dilaksanakan sendiri oleh pemilik.
    penyebab pembengkakan seperti :
    1. Gambar desain rumah tidak selesai dengan tuntas, sehingga sering berubah2 desainnya.
    2. Salah dalam memilih tenaga pelaksana pembangunan rumah.
    3. Tidak memahami Tata Cara dan tahapan Bangun Rumah.
    4. Tidak tersedianya gambar detail Lapangan (Gbr Bestek).
    5. Kwalitas material yg digunakan kurang bagus (semen, pasir, bata merah, kayu), karena mencari murah.
    6. Campuran semen pasir utk plesteran atau campuran beton kurang sesuai aturan.
    7. Terlalu terburu2 didalam melaksanakan pekerjaan, dari tahapan pekerjaan ke tahapan pekerjaan berikutnya.

    Selama proses dan tahapan pembangunannya dilakukan dengan benar dan baik, maka tidak akan terjadi bocor, saluran mampet dan lain2.
    Terima kasih

    Salam
    Asa Sasmita

  5. wisnu r. aksomo

    permisi pak, saya ada pertanyaan,
    saluran instalasi air bersih di rumah saya mampet, air yg keluar dr kran hanya menetes, kalo saya perhatikan, airnya berwarna kuning & bagian dalam pipanya berlumpur & berkerak kuning juga, dulu katanya tanah tempat rumah saya ini bekas sawah jadi itu yg menyebabkan kerak & lumpur, apalah betul? trus gimana solusinya, kalo hrs bongkar instalasi air & pasang yg baru kan biayanya besar…
    ada yg kasih saran pake soda api, tp bgm cara prosesnya? atau bapak ada saran yg lebih baik? sekedar informasi dirumah saya jg menggunakan water toren, apakah itu jg hrs saya bongkar?
    terimakasih sebelumnya..

  6. Dear Wisnu R A
    Saluran air bersih apabila sudah mampet akibat karat dan lumpur sulit untuk dibersihkan.
    Apalagi kalo pipa air bersih yg digunakan ada pipa besi.
    Ada baiknya dilakukan pembuatan pipa saluran baru dengan pipa PVC.
    Usahakan apabila memungkinkan, didalam pemasangan pipa yg baru, tidak melalui lantai atau dinding
    Karena biayanya kurang lebih akan sama.
    Dengan perbaikan saluran lama akan kena biaya pembongkaran dan perbaikan area yg dilewati pipa saluran air bersih tersebut.
    Misalnya : Pipa saluran air yg melalui bawah lantai, maka harus membongkar dan memperbaiki lantai.
    kalau kita lakukan perbaikan belum saluran air bisa berfungsi dengan baik.
    Terima kasih

    Salam
    Asa Sasmita

  7. Pak Asa Sasmita
    Saya pernah membaca artikel kalo Air hujan (yg tdk tercemar) sebaiknya masuk resapan..
    lalu, ada juga artikel yg menyatakan air sabun(bekas cuci pakaian, bekas cuci piring, bekas mandi) dialirkan ke resapan agar tidak mencemari lingkungan…
    nah…, itu benarkah?(krn pernyataan pertama, masuk ke resapan adlh yg tdk tercemar; sdngkan pernyataan kedua, masuk ke resapan adlh yg tercemar_agr t` mencemari air selokan kota)
    lalu sebenarnya resapan itu ada berapa??
    resapan setelah sepitank, resapan air hujan, resapan air sabun itu apakah berbeda??
    lalu ukurannya dan jaraknya berapa(dr sumur&ke resapan yg lain)?

  8. mohon bimbingannya…
    terima kasih.. :)

  9. Dear Mekuadrat,

    Sebetulnya teknis resapan ada beberapa type.
    1. Resapan dari Limbah Septik tank.
    2. Resapan Air limbah dari cucian dan km/wc serta air hujan.
    3. Resapan air limbah dari sebuah proses barang.

    Treatment dari masing2 limbah berbeda penangannya.
    Saat ini belum semua memahami betapa pentingnya kita menangani Air limbah ini dengan bijaksana.
    Karena ini untuk masa depan anak-cucu kita.
    Perletakan dari resapan air limbah sebaiknya sejauh mingkin dari Sumber air (pompa air tanah),
    Untuk Air limbah dari Septic Tank dan Cucian serta km/wc utk perumahan, kalau bisa tidak kurang dari 15 m.
    Akan tetapi perletakan titk sumber air tanah jg musti memperhatikan sekitar (tetangga), jangan sampai dekat dengan resapan air limbah tetangga.
    Mengenai ukuran, tergantung dari jumlah sumber air Limbah itu sendiri (km/wc).
    Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di :

    http://www.iptek.net.id/ind/warintek/?mnu=6&ttg=5&doc=5e4

    http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1314/1/arsitektur-yulesta.pdf

    Terima kasih

    Salam
    Asa Sasmita

  10. saya mohon di jelaskan secara rinci gambar instalasi air rumah dan gedung secara benar ….juga cara menghitung anggaran pemasangan instalasi air rumah dan gedung secara tepat….. terima kasih

  11. Dear pak Sugiarto

    Setiap gambar instalasi air tergantung dari desain Denah rumah.
    Sedangkan utk gedung lebih banyak variasinya tergantung kebutuhan km/wc di gedung tersebut.
    Pada umumnya didalam membuat gambar Inst.Air utk rumah terbagi dua :
    1. Instalasi Air bersih
    2. Instalasi Air kotor (buangan air dari km/wc, Washtafel, zink, air hujan dan septic tank)

    Utk inst.air bersih gunakan pipa PVC dgn type AW, dan utk inst.Air kotor minimal menggunakan type D
    Oleh karena itu, utk menghitung volume inst.air bersih dan kotor, tergantung desain rumah atau gedung.
    Terima kasih

    Salam
    Asa Sasmita

  12. Ass…. mau konsultasi pak…saya terkendala pada saluran air kotor untuk bangunan 2 lantai bangunan rumah kost pak?penempatan jaringan pipa baik dimana cocoknya pak? mohon penjelsannya.thanks

  13. Dear pak Irfan

    Saya coba berikan gambaran umum untuk saluran air kotor, karena saya tidak melihat gambar rumah kos2an pak Irfan.
    Untuk membuat saluar air kotor sebaiknya dibuat saluran induk dikiri dan dikanan rumah yang menuju saluran lingkungan (PVC 4″ atau 6″).
    Untuk memudahkan pengontrolan, saluran induk tersebut dibuat bak kontrol untuk sewaktu2 dibutuhkan untuk dibersihkan.
    Saluran dari closet km/wc dibuat terpisah dan langsung menuju ke septic tank menggunakan PVC 4″.
    Untuk saluran air kotor dari km/wc, cuci baju dan cuci piring bisa menggunakan PVC 2″ atau 3″
    Type PVC yang digunakan sebaik tidak kurang dari type D, supaya daya tahan bisa lama.
    Terima kasih

    Salam
    Asa Sasmita
    Untuk rumah 2 lantai, saluran air kotor didinding bisa menggunakan PVC 3″ )tertanam didinding) atau 4″ (dipasang diluar dinding).

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s