Tips Memilih Jenis Keramik

ceramic_tileCara pemilihan jenis Keramik

Keramik adalah salah satu unsur yang mempunyai pengaruh besar terhadap desain sebuah rumah sehingga mempengaruhi keindahan dan kenyaman sebuah rumah atau bangunan komersial. Pemilihan jenis, motif dan warna keramik yang tepat bisa memberikan kesan ruangan menjadi nyaman, ruangan kesannya lebih luas, cerah dan indah. Akan tetapi sebaliknya, kalau salah pilih keramik,rumah atau bangunan bisa menjadi tidak menarik. Didalam memilih keramik untuk lantai atau dinding sebaiknya diselaraskan dengan desain Interior dan jenis meubel/furniture yang akan digunakan.

Jenis-jenis keramik yang ada dipasaran sangat banyak ragamnya, karena sedemikian banyaknya jenis, motif, warna dan ukuran keramik, kita jangan sampai bingung atau salah pilih. Apabila pada saat memilih kita mengalami bingung dan ragu, ada baiknya pemilihan ditunda 1 – 2 hari agar kita dapat lebih leluasa berfikir. Jangan terburu-buru didalam mengambil keputusan pemilihan keramik, karena kesalahan memilih akan fatal akibatnya terhadap kenyamanan anda pada saat rumah telah ditempati. Maka ada baiknya pada saat pembangunan rumah sudah dimulai kurang lebih 2 bulan, anda bisa mulai mencari jenis, motif dan warna keramik, anda mempunyai cukup waktu, sehingga lebih leluasa dalam menentukan pilihan.

Didalam pemilihan motif keramik harus memperhatikan dari sisi desain Interior dan Furniture yang akan digunakan, demikian juga apabila ada rencana pemasangan Permadani diatas keramik tersebut. Memilih motif desain keramik dibutuhkan kehati-hatian, karena apabila motifnya terlalu dominan bisa mengganggu keanggunan dari ruangan itu sendiri. Coba diserasikan dengan Furniture dan barang-barang lainnya akan diletakkan diruangan tersebut.

Untuk keramik di km/wc, sebaiknya tidak menggunakan warna yang terlalu gelap, karena setiap menggunakan km/wc pada siang harus menggunakan lampu yang terang sehingga akan boros listrik.

Apabila dana terbatas, sebaiknya gunakan keramik import (mahal) diruangan-ruangan tertentu saja. Menahan diri adalah merupakan kunci dari penghematan biaya.

Dalam pemilihan keramik untuk lantai juga harus dipikirkan segi keamanan dan kemudahan didalam perawatan. Pilihlah keramik yang mempunyai permukaan agak kasar untuk ruangan-ruangan yang kena air (teras, km/wc, balkon dan cuci-jemur), agar tidak licin. Mudah perawatan yang dimaksud adalah pada saat dibersihkan (di pel) kotoran mudah terangkat serta tidak perlu menggunakan bahan pembersih khusus.

Salam

Asa Sasmita

About these ads

5 responses to “Tips Memilih Jenis Keramik

  1. terimakasih untuk tips yang diberikan, tapi bagaimana dengan perawatannya?

  2. Hampir boleh dibilang, keramik bebas perawatan asalkan memilih keramiknya dengan permukaan
    yang mengkilap (glossy).

  3. master, kopi artikelnya boleh gak ya?hehehe…

  4. Silahkan…
    Semoga bermanfaat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s